Selasa, 18 Juni 2013

KATA BIJAK ISLAM

Assalamula'laikum wr.wb...
Berikut ini adalah kumpulan Kata Bijak Islam yang cukup
bermakna tentang nasehat-nasehat kehidupan yang bisa anda jadikan bahan untuk renungan yang anda alami di dalam kehidupan ini.

1. "Keberanian untuk mengatakan tak tahu untuk yang tak diketahuinya jauh akan lebih menenangkan dan dihormati daripada selalu ingin kelihatan serba tahu atau sok tahu"

2. "Konflik biasanya terjadi karena saya benar dan kamu salah, berilah kesempatan hati mengatakan kita benar dan diapun boleh jadi benar,Insya Allah akan mudah cari solusi."

3."Berteman dengan orang bodoh yang tidak mengikuti ajakan hawa nafsunya adalah lebih baik bagi kalian, daripada berteman dengan orang alim tapi selalu suka terhadap hawa nafsunya."

4. " Orang yang suka berkata jujur akan mendapatkan 3 hal, yaitu : KEPERCAYAN, CINTA dan RASA HORMAT"

5. " Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak."

6. " Kejahatan yang dibalas dengan kejahatan pula adalah sebuah akhlaq ular, dan kalau kebajikan dibalas dengan kejahatan itulah akhlaq buaya, lalu bila kebajikan dibalas dengan kebajkan adalah akhlaq anjing, tetapi kalau kejahatan dibalas dengan kebajikan itulah akhlaq manusia."

7. " Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu akan menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) sedangkan harta terhukum. Kalau harta itu akan berkurang apabila dibelanjakan, tetapi ilmu akan bertambah apabila dibelanjakan."

8. "Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku."

9. " Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk."

10. " Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar."

11. " Dia yang menciptakan mata nyamuk adalah Dzat yang menciptakan matahari."

12. " Orang yang suka berkata jujur akan mendapatkan 3 hal, yaitu : KEPERCAYAN, CINTA dan RASA HORMAT"

13. " Sesungguhnya Allah azza wa jalla menyukai orang-orang yang suka bergurau dengan orang lain dengan syarat tanpa cela-mencela"

14. " Barang siapa yang mengeluarkan fatwa tanpa ilmu yang cukup, maka ia akan dilaknat oleh malaikat rahmat dan azab serta dosa orang yang mengamalkan fatwanya akan dipikul olehnya"

15. " Sesungguhnya pahala orang yang mengajarkan ilmu adalah seperti pahala orang yang belajar darinya, dan ia masih memiliki kelebihan darinya. Oleh karena itu, pelajarilah ilmu dari ahlinya dan ajarkanlah kepada saudara-saudaramu sebagaimana ulama telah mengajarkannya kepadamu"

16. " Sesungguhnya Allah akan menghisab hamba-hamba-Nya pada hari kiamat sesuai dengan kadar akal yang telah dianugerahkan kepada mereka di dunia."

17. " Bersikaplah wara’, berusahalah selalu, jujurlah, dan berikanlah amanat kepada orangnya, baik ia adalah orang baik maupun orang fasik. Seandainya pembunuh Ali bin Abi Thalib a.s. menitipkan amanat kepadaku, niscaya akan kuberikan kepadanya”

18. " Dan gerimis malam menemani rindu pada sang khalik, Dan suara desir angin membawa jiwa tak berjarak, Padamu Ya Allah segala ragu jadi padu, Padamu Yang Maha Tinggi segala jiwa terhuyung jadi tegak. Lalu nadi mulai mengalir segala asmaMu Lalu badan mulai gemetar terbalut cahyaMu, Dan aku tak berbentuk menyatu dalam rindu dan cinta pada-MU."

19. " Jika engkau miskin bersyukurlah karena engkau akan sedikit mempertanggungjawabkan hartamu Jika engkau kaya bersykurlah karena engkau mempunya banyak kesempatan beramal Apapun yang terkadang kita anggap kekurangan sesungguhnya itu rahmat jika kiya mensyukurinya Apapun yang kita anggap nikmat bisa jadi azab jika kita tidak mensyukurinya."

20. " Saat kita mencintai seseorang kita sangat bahagia dan sangat brsyukur pada Allah..tapi di saat kita patah hati keseringan atau kebanyakan orang merasa bahwa Allah tidak adil pada kita,tanpa kita sadari ataupun berfikir bahwa Allah mungkin akan menggatikan org tersebut dgn yg lebih baik untuk kita... Jangan lah menyesal ketika kita harus kehilangan orang yg kita cintai karna mungkin dy bukan yg terbaik untk kita.. Percayalah Allah tidak mungkin merencanakan hal buruk pada kita,smua pasti ada alasan dan ada hikmah yg baik untuk kita."

21. " Untuk para lelaki khususnya.. Janganlah kalian mempermain kan hati perempuan,karna perempuan di ciptakan untuk menjadi pendamping mu bukan untk di sakiti dan di permainkan.. melaikan untk di kasihi dan di bimbing agar selalu bersamamu di jalanNya.. Jadilah imam yg baik untuk istri dan anak mu.. Begitu juga untuk para wanita khususnya yg sudah menikah brbaktilah pada suami karna istri yg brbakti pada suami adalah wanita calon penghuni surga"

22. " Menurut saya orang yg briman bukan brarti orang yg pintar mengaji atau tau banyak tentang agama.. Malah kadang ada orang yg tidak bisa mengaji dan orang awam dalam agama tapi kepercayaan dan imanny pada Allah melebihi orang yg tau bnyk tntang agama dan yg pintar mengaji..smua dapat di lihat dari keta'atany dalam ibadah,bagaimana dy mensyukuri sgala nikmat yg di berikan Allah kpadanya,selalu sabar dan tawakal dalam menghadapi dan menjalani ujian atau cobaan dariNya"

23. " Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, seseorang tidak beriman hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri."

24. " Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar."

25. " Yang terbaik di antara kalian adalah mereka yang berakhlak paling mulia."

26. " Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian."

27. " Kecintaan kepada Allah melingkupi hati, kecintaan ini membimbing hati dan bahkan merambah ke segala hal."

28. " Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar."

29. " Setiap orang di dunia ini adalah seorang tamu, dan uangnya adalah pinjaman. Tamu itu pastilah akan pergi, cepat atau lambat, dan pinjaman itu haruslah dikembalikan."

30. " Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak."

Sampai disini dulu ya Kata Bijak Islam nya, insya allah lain kali akan saya rangkum lagi yang lebih bagus-bagus lagi.®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar